Senin, 06 Mei 2013

Wawasan Widyatamandala

       Siapa yang tidak kenal Pa Deni di SMAN 24 Bandung ? semua pasti kenal beliau karena beliau adalah Wakasek Widyatamandala. Untuk apa widyatamandala ada di sekolah ? nah untuk lebih lanjutnya mari kita simak uraian berikut :

       Wawasan Wiyatamanadala adalah Suatu pandangan atau tinjauan mengenal lingkungan pendidikan dan pengajaran. Pada hakikatnya Wawasan Wiyatamandala merupakan suatu sikap pandangan dan kesadaran serta tanggungjawab terhadap lingkungan pendidikan yang fungsinya sebagai tempat kegiatan Proses belajar mengajar dan tidak untuk kegiatan yang lain yang tidak mendukung pendidikan .


Sekolah sebagai Wiyata Mandala,adalah suatu lingkungan tempat pendidikan yang mempunyai makna :

  • Sekolah harus benar-benar menjadi tempat diselenggarakan proses belajar mengajar, tempat dimana ditanamkan nilai-nilai pangdangan hiadup dan kepribadian ,agama,berbagai macam Ilmu pengetahuan dan tehnologi serta keretampian
  • Sekolah sebagai tempat diselenggarakannya proses belajar belajar mengajar harus diamankan dan dilindungi dari segala macam pengaruh yang bersifat negative yang dapat mengganggu pelaksanaan proses belajar mengajar.
  • Sekolah sebagai masyarakat belajar, tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar yaitu interaksi antar siswa,guru dan lingkungan sekolah. Dalam kehidupan sekolah terdapat berbagai unsur utama yaitu : Kepala Sekolah, guru, Orang tua., siswa, serta fungsi lembaga sekolah itu sendiri, dalam lingkungan kehidupan masyarakat dimana sekolah itu berada.
       Upaya untuk mewujudkan Wawasan Wiyatamandala antara lain dengan menciptakan sekolah sebagai masyarakat belajar, pembinaan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), kegiatan kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra-kurikuler, serta menciptakan suatu kondisi kemampuan dan ketangguhan yakni memiliki tingkat keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, dan kekeluargaan yang mantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar agar menambah referensi yang baik